Termasuk Sumsel, 5 Provinsi Penghasil Tebu Terbesar di Indonesia

Inda Susanti ยท Sabtu, 09 Juli 2022 - 12:07:00 WIB
Termasuk Sumsel, 5 Provinsi Penghasil Tebu Terbesar di Indonesia
Sumsel termasuk provinsi dengan lahan tebu terluas. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah daerah di Indonesia telah lama dikenal sebagai penghasil tebu terbesar. Salah satunya Sumatera Selatan (Sumsel) yang memiliki lahan perkebunan tebu yang luas. 

Provinsi Jawa Timur (Jatim) berada di urutan pertama selama beberapa tahun terakhir. Tebu (Saccharum officinarum L) merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis dan termasuk jenis rumput-rumputan.

Tanaman semusim ini dipanen secara ratoon, lalu diolah batangnya menjadi Gula Kristal Putih (GKP) atau gula pasir sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Itulah sebabnya, tebu menjadi salah satu komoditas perkebunan yang diutamakan untuk kepentingan konsumsi dalam negeri.

Menilik sejarahnya, pengembangan produksi gula berbasis tebu sudah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda.

Hingga kini, pengembangan tebu tidak hanya dilakukan di pulau Jawa dan Sumatera bagian utara dan selatan, tetapi juga di pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara. Meningkatnya konsumsi gula menjadi unsur utama dilakukannya pengembangan di daerah baru, juga untuk memenuhi pasar di wilayah Indonesia Timur.

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki potensi tinggi produksi Tebu. Data Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) tahun 2018 mencatat, luas areal tanaman tebu mencapai 3.473.230 hektare (Ha) dengan total produksi sekitar 2.854.300 ton. Dari luasan tersebut, sekitar 99 persen diusahakan oleh petani rakyat. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: