Sidang Kasus Kredit Macet, 2 Pegawai Bank di Sumsel Bantah Terima Fee

Dede Febriansyah · Rabu, 06 Juli 2022 - 17:22:00 WIB
Sidang Kasus Kredit Macet, 2 Pegawai Bank di Sumsel Bantah Terima Fee
Sidang lanjutan perkara kredit macet bank di Sumsel di Pengadilan Tipikor Palembang, Rabu (6/7/2022). (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Dua pegawai bank di Sumsel, Asri Wisnu Wardana dan Aran Haryadi kembali menjalani persidangan dengan agenda pembuktian perkara di Pengadilan Tipikor Palembang. Kedua merupakan terdakwa dugaan korupsi pemberian fasilitas Kredit Modal Kerja (KMK) kepada PT Gatramas Internusa oleh Bank Sumsel Babel tahun 2014 sebesar Rp13,9 miliar.

Di hadapan majelis hakim yang diketuai Efrata Heppy Tarigan, kedua terdakwa dihadirkan secara langsung untuk saling bersaksi sekaligus pemeriksaan terhadap terdakwa.

Dalam keterangannya, terdakwa Asri Wisnu Wardana mengatakan, bahwa dirinya pada saat itu telah melakukan verifikasi dan peninjauan terkait dokumen jaminan yang diagunkan oleh PT Gatramas Internusa selaku penerima kredit dari Bank Sumsel Babel.

"Usai melakukan peninjauan dan verifikasi, semua dokumen saya ajukan secara berjenjang hingga akhirnya disetujui oleh Aran Haryadi," ujarnya, Rabu (6/7/2022).

Terkait terjadinya kredit macet atau gagal bayar oleh PT Gatramas Internusa, Asri Wisnu Wardana mengaku jika pihaknya telah melakukan berbagai upaya penagihan.

"Pada saat terjadinya kredit macet, PT Gatramas Internusa menyampaikan bahwa kondisi ekonomi perusahaannya tidak stabil sehingga menggunakan uang perusahaan untuk membayar operasional. Akan tetapi, kami dari pihak Bank Sumsel Babel tetap melakukan upaya-upaya penagihan," katanya.

Namun saat dicecar pertanyaan oleh Hakim apakah dalam kredit macet tersebut dirinya telah menerima uang fee atau fasilitas apapun dari PT Gatramas Internusa, Asri Wisnu Wardana pun langsung membantah. "Tidak pernah, saya tidak pernah tahu dan tidak pernah melihatnya yang mulia," ujarnya.

Sementara itu terdakwa Aran Haryadi dalam keterangannya mengatakan, sesuai SOP di Bank Sumsel Babel bahwa Asri Wisnu Wardana selaku bagian analis kredit yang mengumpulkan data-data dan memverifikasi dokumen terkait pengajuan kredit.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: