Perjalanan LRT Palembang Kembali Normal usai Blackout Listrik di Sumsel 

Dede Febriansyah · Selasa, 05 Juli 2022 - 17:31:00 WIB
 Perjalanan LRT Palembang Kembali Normal usai Blackout Listrik di Sumsel 
Operasional LRT Palembang kembali normal melayani masyarakat. (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Layanan operasional Light Rail Transit (LRT) di Palembang yang sempat terganggu blackout atau pemadaman listrik di Sumatera Selatan pada Senin (4/7/2022) malam, kini sudah kembali normal. Sebelum sempat viral, penumpang LRT Palembang terpaksa dievakuasi dengan berjalan kaki menuju stasiun terdekat karena pemadaman listrik. 

Manajer Humas PT KAI Divre III Palembang, Aida Suryanti mengatakan, bahwa operasional LRT bergantung kepada aliran listrik, sehingga bila terjadi pemadaman listrik, layanan LRT otomatis ikut terganggu.

Selain itu, lanjut Aida, LRT juga merupakan rangkaian kereta yang menggunakan arus listrik dan berada di ketinggian atau elevated track. Bila terjadi kendala atau kondisi darurat tertentu perlu penanganan khusus.

"Adanya gangguan listrik PLN yang terjadi semalam menyebabkan jalur atau third rail dalam kondisi mati atau off, sehingga kereta tidak dapat berjalan mengantarkan penumpang sampai ke tujuan akhir," ujar Aida, Selasa (5/7/2022).

Menurutnya, evakuasi penumpang menuju stasiun terdekat dari tempat kejadian dilakukan dengan menyusuri jalur keadaan darurat atau emergency walkway yang berada di pinggir jalur LRT.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: