Ini Daftar Penyumbang Tertinggi Inflasi di Sumsel 

Dede Febriansyah · Selasa, 05 Juli 2022 - 17:28:00 WIB
Ini Daftar Penyumbang Tertinggi Inflasi di Sumsel 
Inflasi di Sumsel disokong produk makanan dan minuman. (Foto: Ilustasi/Okezone)

PALEMBANG, iNews.id - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulan Juni di Sumsel sebesar 0,89 persen (mtm). Angka tersebut meningkat dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 0,83 persen.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel Erwin Soeriadimadja mengatakan, bahwa inflasi yang terjadi bersumber dari kelompok makanan, minuman, tembakau serta transportasi.

"Secara tahunan, inflasi IHK Juni 2022 tercatat sebesar 5,39 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan inflasi regional Sumatera yang sebesar 5,82 persen (yoy). Sementara itu, inflasi nasional pada bulan Juni 2022 tercatat sebesar 4,35 persen (yoy)," ujar Erwin, Selasa (5/7/2022).

Menurutnya, kelompok makanan, minuman dan tembakau mengalami inflasi sebesar 2,53 persen (mtm) dengan andil sebesar 0,78 persen (mtm). Inflasi juga disumbang oleh peningkatan harga pada beberapa komoditas subkelompok makanan seperti cabai merah, bawang merah, telur ayam ras, cabai rawit, serta tomat.

"Peningkatan harga komoditas holtikultura tersebut dipengaruhi oleh kondisi cuaca dengan curah hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah sentra produksi. Sementara itu, kenaikan biaya produksi karena kenaikan harga pakan ternak juga ikut mendorong peningkatan harga telur ayam ras," katanya.

Selain itu, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran juga mengalami inflasi sebesar 0.49 persen (mtm) dengan andil sebesar 0,04 persen (mtm), yang didorong oleh6 komoditas ikan goreng yang mengalami inflasi sebesar 6,42 persen (mtm) dengan andil 0,014 persen.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: