Kasus Mafia Tanah, 2 Petinggi BPN di Sumsel Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan JPU

Dede Febriansyah ยท Selasa, 05 Juli 2022 - 07:42:00 WIB
Kasus Mafia Tanah, 2 Petinggi BPN di Sumsel Divonis Lebih Ringan dari Tuntutan JPU
Dua pegawai BPN di Sumsel divonis bersalah dalam kasus gratifikasi progtam PTSL 2019. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Pengadilan Negeri (PN) Palembang menjatuhkan vonis dua terdakwa kasus dugaan korupsi gratifikasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Langsung (PTSL) tahun 2019 pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Palembang. Keduanya merupakan pegawai dan petinggi BPN di Sumatera Selatan (Sumsel). 

Dalam persidangan, Majelis Hakim PN Palembang yang diketuai Hakim Mangapul Manalu mengatakan, dua terdakwa yakni Ahmad Zairil divonis dengan hukuman 4,6 tahun penjara dan Joke alias Yoke Norita divonis dengan 4 tahun penjara.

Selain hukuman pidana, juga menghukum terdakwa dengan denda. Ahmad Zairil didenda Rp300 juta, dengan ketentuan jika tidak membayar ditambah hukuman 3 bulan penjara. Untuk terdakwa Joke didenda 200 juta dengan ketentuan denda tidak dibayar ditambah hukuman 2 bulan penjara. 

"Menyatakan perbuatan para terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama," ucap Hakim Mangapul Manalu saat membacakan putusan secara virtual, Senin (4/7/2022). 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: