Driver Ojol di Palembang Keberatan BPJS Jadi Syarat Pembuatan SIM dan STNK

Dede Febriansyah ยท Kamis, 24 Februari 2022 - 07:16:00 WIB
Driver Ojol di Palembang Keberatan BPJS Jadi Syarat Pembuatan SIM dan STNK
Drier ojol di Palembang keberatan dengan kebijakan BPJS menjadi syarat proses SIM dan STNK. (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Driver Ojek Online (Ojol) Palembang mengeluhkan kebijakan pemerintah yang memperketat permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dengan syarat menggunakan BPJS. Syarat tersebut dinilai memberatkan terutama bagi warga yang tidak memiliki akses jaminan kesehatan tersebut. 

Hermanto (35), seorang driver Ojol di Palembang mengatakan, kebijakan tersebut sangat berdampak bagi masyarakat yang tidak memiliki akses jaminan kesehatan tersebut, seperti dirinya dan keluarga yang hingga kini belum menjadi peserta BPJS Kesehatan
 
"Kami khawatir dengan peraturan tersebut nantinya akan lahir kerumitan baru dalam mengurus keperluan administrasi di lembaga negara," ujar Hermanto saat ditemui di pangkalan Ojol kawasan Kenten Palembang, Rabu (23/2/2022).

Meski baru mengetahui kebijakan tersebut, lanjut Hermanto, namun dirinya berharap agar ada kemudahan yang diberikan. Karena, sebagai driver menurutnya memiliki pendapatan yang tidak pasti.

"Itu mempersulit masyarakat, nanti kalau mau mengurus surat-surat jadi merasa terbebani kami. Apalagi driver seperti kami ini bukan perbulan pendapatannya, kalau mau keluar iuran BPJS kesehatan untuk sekeluarga itu justru jadinya menambah pengeluaran kami," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: