Upacara Adat Sedekah Rame, Tradisi Doa Bersama Jelang Musim Tanam di Sumsel

berli · Kamis, 24 November 2022 - 14:51:00 WIB
Upacara Adat Sedekah Rame, Tradisi Doa Bersama Jelang Musim Tanam di Sumsel
Upacara adat sedekah rame juga diisi dengan makan bersama di lahan pertanian. (Foto: Ist/Srivijaya)

PALEMBANG, iNews.id - Upacara adat sedekah rame merupakan budaya masyarakat petani Sumatera Selatan (Sumsel) yang menarik untuk diulas. Sedekah rame dalam bahasa nasional yakni sedekah atau doa bersama diakhiri dengan makan bersama-sama yang dilakukan di lahan pertanian seperti sawah.

Upacara adat sedekah rame dilaksanakan oleh sejumlah pemilik sawah atau lahan pertanian di beberapa daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). Di antaranya, di Kabupaten Lahat disebut upacara adat sedekah rame, kemudian di Lubuklinggau menyebutnya sedekah rami dan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) disebut sedekah ramo.

Hanya saja untuk sedekah ramo di Musi Rawas Utara (Muratara) tidak hanya digelar saat jelang musim tanam atau sebelum garap lahan, namun juga digelar pada hari besar agama Islam, ketika dilanda musibah seperti kekeringan dan lainnya. Selain itu, sedekah ramo di Muratara juga sudah mendapatkan penghargaan sebagau kekayaan intelektual dari Kemenkumham. 

Secara umum upacara adat sedekah rame mirip dengan sedekah atau hajatan lainnya. Terdapat tiga tahapan inti pada sedekah, yakni persiapan lokasi dan waktu, kemudian pelaksanaan yang biasa diisi dengan ucapan syukur dan doa, terakhir makan sajian secara bersama - sama (rame dalam bahasa setempat). 

Upacara adat sedekah rame para petani pemilik lahan ini dihadiri tokoh masyarakat dan tokoh adat. Sedekah rame digelar di persawahan atau lokasi pertanian yang dianggap akan membawa kesuburan lahan dan tanaman.

Di berbagai daerah di Sumsel, upacara adat sedekah rame digelar sebagai bentuk penghormatan kepada sang pencipta yang telah menganugerahkan bumi yang subur. Selain itu, upacara adat ini merawat kebersamaan dan silaturahmi warga.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: