Nama-Nama Rumah Adat di Sumatera Selatan, Nomor 2 Pernah Tercetak di Uang Kertas

berli · Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:56:00 WIB
Nama-Nama Rumah Adat di Sumatera Selatan, Nomor 2 Pernah Tercetak di Uang Kertas
Rumah rakit yang terdapat di Sungai Musi Palembang. (Foto: pariwisata indonesia)

PALEMBANG, iNews.id - Nama-nama rumah ada di Sumatera Selatan cukup beragam. Namun sebagian besar rumah adat di Sumatera Selatan (Sumsel) terbagi dalam dua bagian yakni uluan dan iliran. 

Uluan maksudnya masyarakat yang mendiami bagian hulu sungai. Seperti diketahui, Sumsel dialiri sembilan sungai besar yang semuanya bermuara ke Sungai Musi di Palembang yang disebut ilir atau iliran. 

Warga Palembang yang merantau ke Palembang ketika hendak pulang kampung disebut mudik, karena ke bagian hulu sungai. Begitu pun sebaliknya, warga bagian hulu di kabupaten seperti Musi Rawas dan Komering, ketika ke Palembang disebut ilir. 

Kondisi geografis itu mempengaruhi bentuk dan fungsi rumah adat. Mengutip sejumlah sumber, berikut nama-nama rumah ada di Sumatera Selatan:

1. Rumah Rakit

Rumah rakit dipekirakan sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya menguasai daerah ini. Warga dari bagian hulu sungai mendatangi daerah ini di bagian hilir sungai membawa berbagai hasil bumi untuk dijual. Mereka membawa hasil bumi menggunakan rakit besar yang terbuat dari hasil hutan seperti kayu dan bambu yang mengambang di atas air. 

Rakit yang dibuat dapat menampung banyak orang dan barang, serta terlindungi dari panas dan hujan. Setiba di bagian hilir atau Palembang, rakit tersebut tidak dibawa kembali, bahkan dijadikan tempat tinggal dengan ditambatkan pada kayu atau tonggak besar di pinggir sungai. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: