Cari Makan, Gajah Liar Masuk Dapur Rumah Warga di OKU Selatan Sumsel

Dede Febriansyah · Selasa, 23 Agustus 2022 - 11:52:00 WIB
Cari Makan, Gajah Liar Masuk Dapur Rumah Warga di OKU Selatan Sumsel
Ilustrasi gajah liar mengamuk masuk permukiman warga di OKU Selatan. (Foto: Ist)

OKU SELATAN, iNews.id - Seekor gajah liar kembali masuk ke perkampungan warga di Desa Suka Negeri Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumsel. Selain merusak kebun, gajar Sumatera itu juga hampir masuk dapur rumah warga. 

Camat Banding Agung OKUS, Adi Syaputra mengatakan, gajah liar tersebut dilaporkan telah merusak kebun sebelum mendatangi sebuah rumah warga bernama Merin (36).

"Gajah liar itu datang dari arah kebun perkebunan kopi yang ada di belakang rumah. Dengan cepat, gajah itu ternyata sudah memasukkan belalainya ke lubang ventilasi di bagian dapur," ujar Adi Syaputra, Selasa (23/8/2022).

Melihat adanya belalai gajah di ventilasi dapur, kata Adi, warga bernama Merin langsung syok dan tak tahu harus berbuat apa, apalagi saat itu anak dan istrinya masih tertidur.

"Waktu gajah itu datang, anak istrinya Merin sedang tertidur karena masih pukul 03.00 WIB. Dirinya terbangun karena mendengar ada suara di bagian dapur, dan ketika diperiksa belalai gajah terlihat sudah masuk ke lubang ventilasi dapur," katanya.

Tidak hanya mendatangi rumah Merin, Camat Banding OKUS tersebut juga mendapat laporan jika terdapat seekor gajah yang sudah memasuki pemukiman warga hingga merusak pondok dan tanaman warga.

"Warga setempat kini resah dan enggan beraktivitas ke kebun. Kita selaku pemerintah kecamatan sudah mengeluarkan imbauan agar tak beraktivitas di kebun," kata Adi.

Sementara Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel, Ujang Wisnu Barata mengatakan, pergerakan dan perilaku gajah yang terjadi di OKUS tersebut saat ini sedang dipantau oleh pihaknya. "Petugas dan aparat desa bersama masyarakat sedang melakukan penanganan, memantau pergerakan dan perilaku gajah," kata Ujang.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: