Nama-Nama Rumah Adat di Sumatera Selatan, Nomor 2 Pernah Tercetak di Uang Kertas

berli · Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:56:00 WIB
Nama-Nama Rumah Adat di Sumatera Selatan, Nomor 2 Pernah Tercetak di Uang Kertas
Rumah rakit yang terdapat di Sungai Musi Palembang. (Foto: pariwisata indonesia)

Bentuk dari atapnya berupa atap pelana dengan ukuran yang cukup tinggi, serta sedikit melengkung. Konon, atap tersebut mempunyai bentuk perpaduan dari rumah gadang dari Minangkabau dan rumah jabu bolon dari Batak.

Rumah Ulu Besemah. (Foto: Indonesia kaya)
Rumah Ulu Besemah. (Foto: Indonesia kaya)

5. Rumah Ulu Semendo

Rumah Ulu Semende atau rumah baghi Semende merupakan rumah adat dari suku Semende atau Semendo di Muara Enim. Rumah adat satu ini juga berupa rumah panggung dan memiliki kemiripan dengan Rumah Ulu Besemah yakni bentuk atap yang melengkung. Namun perbedaannya, rumah adat ulu Semende punya lebih banyak jendela dibandingkan rumah adat ulu Besemah.

6. Rumah Ulu Ogan 

Sesuai dengan namanya, rumah adat ulu Ogan milik Suku Ogan yang mendiami wilayah sekitar Sungai Ogan. Pada bagian atap, ada teritisan atau atap tambahan pada bagian depan rumah dan samping. Atap teritisan ini ditopang oleh tiang tinggi. Hal ini membuat jumlah tiang pada rumah ulu Ogan jumlahnya lebih banyak. 

7. Rumah Ulu Komering 

Rumah Ulu Komering masih menjadi bagian dari rumah adat uluan. Umumnya, rumah adat Sumatera Selatan ini bisa ditemukan di tepian Sungai Komering. Bentuknya juga merupakan modifikasi dari rumah ulu Besemah.

Modifikasi tersebut ditemukan pada bagian atap yang tidak melengkung. Selain itu, tiangnya langsung ditanam ke tanah, tidak seperti rumah ulu Besemah tiangnya ditempat pada batu. 

8. Rumah Lamban Tuha 

Rumah Lamban Tuha menjadi rumah adat Sumatera Selatan uluan yang berasal dari suku Ranau yang mendiami wilayah OKU Selatan. Ciri khas dari rumah adat ini ada pada atapnya yang tinggi berbentuk pelana. Selain itu, rumah ini menggunakan dua sistem pondasi sekaligus yakni sistem ari dan kalindang.

Penggunaan dua sistem pondasi karena rumah ini memiliki banyak ruangan dengan fungsi masing - masing. Bentunya masih berupa panggung dengan tiang ditempat pada batu sebagai alas.  

Demikian ulasan mengenai nama-nama rumah ada di Sumatera Selatan yang dirangkum dari beberapa sumber seperti sindonews dan tambahpinter. 

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: