Daftar Kabupaten di Sumatera Selatan, Nomor 11 Paling Muda dan Kaya

berli · Kamis, 29 September 2022 - 11:00:00 WIB
Daftar Kabupaten di Sumatera Selatan, Nomor 11 Paling Muda dan Kaya
Danau Ranau di Kabupaten OKU Selatan. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, iNews.id - Kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) mendominasi status wilayah di provinsi yang dikenal dengan Bumi Sriwijaya. Sumsel yang memiliki 17 wilayah, 13 di antaranya adalah kabupaten.

Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi terbesar di pulau Sumatera dan berada di selatan pulau Andalas. Sumatera Selatan di bagian utara berbatasan  dengan Jambi, timur berbatasan dengan Bangka Belitung, selatan dengan Lampung dan bagian barat bertetangga dengan Provinsi Bengkulu.

Pada 2021 Sumatera Selatan memiliki penduduk 8.550.849 jiwa. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai petani. Sumatera Selatan memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpa, dan sebagian besar kekayaan hasil tambang tersebut berada di wilayah kabupaten. 

Berikut kabupaten di Sumatera Selatan :

1. Kabupaten OKU 

Kabupaten di Sumatera Selatan pertama yakni Ogan Komering Ulu (OKU). Nama Ogan Komering Ulu diambil dari nama dua sungai besar yang melintasi dan mengalir di sepanjang wilayah Kabupaten OKU, yaitu Sungai Ogan dan Sungai Komering. 

Berdasarkan sejarah, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor 9 Tahun 1997 tanggal 20 Januari 1997, Tahun 1878 ditetapkan sebagai tahun kelahiran nama Ogan Komering Ulu. 

Sedangkan berdasarkan peraturan perundang-undangan, Kabupaten Ogan Komering Ulu terbentuk dengan keluarnya Undang-undang Nomor 11 Tahun 1950 tentang Pembubaran Negara Bagian Sumatera Selatan dan Peraturan Pemerintah Penganti Undang-undang Darurat Nomor 3 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah Sumatera Selatan menjadi Propinsi didalam Negara Republik Indonesia.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: