Polisi Sebut Angka Kriminalitas di Sumsel Tinggi Dipicu Faktor Ekonomi

Dede Febriansyah ยท Senin, 26 September 2022 - 16:39:00 WIB
Polisi Sebut Angka Kriminalitas di Sumsel Tinggi Dipicu Faktor Ekonomi
Angka kriminalitas di Sumsel tinggi. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) masuk dalam 10 peringkat terbesar dalam hal tindak kejahatan. Kepala Biro Operasional Polda Sumsel, Kombes Pol Kamaruddin mengatakan, wilayah Sumsel sangat strategis, sehingga dijadikan sebagai lokasi aksi kejahatan hingga menjual barang curian, baik dari darat maupun laut.

"Munculnya kasus 3C (curas, curat dan curanmor) yang dilakukan seseorang dikarenakan faktor ekonomi, sehingga orang itu nekat melakukan tindak kejahatan, khususnya 3C. Kita lihat faktor ekonomi mendorong orang untuk melakukan kejahatan, belum pulih perekonomian dan naiknya BBM membawa pengaruh besar memicu hal itu," katanya dalam latihan pra Operasi Sikat II Musi 2022 di Gedung Presisi Mapolda Sumsel, Senin (26/9/2022).

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto dalam paparannya mengatakan, berdasarkan data analisis dan evaluasi Operasi Sikat I Musi 2022 sebelumnya, pihaknya mengungkap 243 kasus dengan mengamankan 272 tersangka. Ratusan kasus tersebut terdiri dari 179 kasus curat, 36 kasus curas dan 28 kasus curanmor.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: