Warga PALI Protes, Bangun Jalan Pakai APBD Tapi Asal-asalan

Bisrun Silvana ยท Jumat, 25 September 2020 - 11:21:00 WIB
Warga PALI Protes, Bangun Jalan Pakai APBD Tapi Asal-asalan
Jalan di PALI, Sumsel yang diduga dibangun asal jadi (Bisrun Silvana/iNews)

PALI, iNews.id - Warga Desa Persiapan, Simpang Solar, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengeluhkan pembangunan jalan setapak cor beton. Jalan itu merupakan akses menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) desa tersebut.

Warga menganggap proses pengerjaan pihak pelaksana tidak serius dan terkesan asal jadi sehingga hasilnya tidak maksimal.

"Jangan sekendak bae (semaunya saja) membangun, mentang-mentang kami di pelosok, di daerah ujung perbatasan kabupaten. Kami memang orang awam, teknis pengerjaan juga kurang tahun yang bagaimana benarnya. Tetapi secara kasat mata saja tahu kalau pembangunan itu asal jadi dan asal terlaksana saja," kata salah seorang warga bernama Bambang, Jumat (25/9/2020).

Dari data yang diperoleh, pengerjaan jalan ini dilakukan oleh CV Raisyah Pratama dengan nomor kontrak 600/178/SPK/VI/TR/DPKP/2020, tertanggal 25 Juni 2020. Waktu pelaksanaan pengerjaan 90 hari kalender.

Tak hanya itu, pengerjaan jalan ini menelan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten PALI Tahun 2020 dengan nilai RP 197.776.000, melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Bambang menambahkan, struktur jalan tanah menuju TPU tersebut sangan labil dan ketika musim kemarau masih berlumpur, karena selain kondisi yang rendah, juga jalan tersebut tertutup rimbunan pohon disekitar.

"Jalan di sini jarang kering, musim kemarau pun terkadang masih becek. Nah, pelaksana ini tidak melakukan pengecekan dulu, perlu tidaknya dilakukan penimbunan atau pengerasan. Selain itu, saat pengecoran betonpun tampak terpal yang seharusnya di lapisan bawah adukan semen, hanya di bagian pinggir saja," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto