Sosialisasi DBON di Palembang, Menpora: Saatnya Cetak Atlet Berprestasi

Dede Febriansyah ยท Rabu, 15 Desember 2021 - 04:53:00 WIB
Sosialisasi DBON di Palembang, Menpora: Saatnya Cetak Atlet Berprestasi
Menpora Zainudin Amali di sela sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Kota Palembang. (iNews/Dede Febriansah)

PALEMBANG, iNews.id - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Kota Palembang. Dengan sosialisasi ini diharapkan seluruh stakeholder serta di Sumatra Selatan dapat bekerja sama dalam memunculkan atlet-atlet berprestasi dari Bumi Sriwijaya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, Indonesia sudah saatnya mencetak atlet berprestasi melalui sistem yang sudah direncanakan yang terimplementasi dalam DBON.

"Selama ini atlet berprestasi kita itu lahirnya by accident atau karena kecelakaan, bukan karena by design atau direncanakan. Ini yang harus diubah," ujar Zainudin di Palembang, Selasa (14/12/2021).

Dengan tidak terencana tersebut, lanjut dia, sistem regenerasi atlet di Indonesia bisa dikatakan buruk karena ketika atlet berprestasi pensiun maka kesulitan mendapatkan gantinya. Namun, berbeda jika atlet diciptakan dalam suatu sistem yang terencana seperti yang dilakukan di negara-negara maju.

"Dari awal dilakukan penyeleksian calon atlet sehingga atlet yang dibina itu sudah diperkirakan bakal berkembang dalam periode 10 tahun ke depan. Seleksinya terbilang detail, mulai dari kebugaran, kondisi fisik, tingkat kecerdasan, dan lainnya," ujar Menpora.

Editor : Ahmad Antoni

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: