Sejumlah Peternak di Palembang Gulung Tikar akibat Pandemi Covid-19

Antara · Selasa, 27 Juli 2021 - 12:59:00 WIB
Sejumlah Peternak di Palembang Gulung Tikar akibat Pandemi Covid-19
Sejumlah peternak ayam di Palembang gulung tikar dampak pelemahan daya beli di tengah pandemi Covid-19. (Foto: Ilustrasi/ist)

PALEMBANG, iNews.id - Sejumlah peternak ayam di Kota Palembang terpaksa gulung tikar karena terjadi penurunan harga akibat pelemahan daya beli masyarakat dalam beberapa bulan terakhir. Asosiasi Masyarakat Peternak Sumatera Selatan menyatakan sulit untuk bertahan karena di saat harga turun, serapan pasar juga rendah. 

Ketua Asosiasi Masyarakat Peternak Sumatera Selatan Ismaidi Chaniago mengatakan kondisi yang menyulitkan itu membuat peternak plasma (gabungan beberapa peternak) dengan produksi 10.000 ekor dalam satu siklus (1,5 bulan) terbilang kesulitan untuk bertahan.

“Harga sudah turun, tapi serapan juga rendah. Jadi biaya produksi sudah tidak seimbang dengan pemasukan, jadi mereka terpaksa gulung tikar,” katanya, Selasa (27/7/2021).

Harga ayam potong saat ini di pasaran berkisar Rp24.000 per kilogram, yang sudah bertahan kurang lebih sebulan terakhir di sejumlah pasar tradisional Palembang.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3