Proyek Incinerator Sampah Palembang Ditunda karena Tidak Ada Investor

Dede Febriansyah ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 13:33:00 WIB
Proyek Incinerator Sampah Palembang Ditunda karena Tidak Ada Investor
Proyek incinerator sampah di Palembang tidak ada investor. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Proyek teknologi incinerator sebagai alat pengurai sampah di Palembang dipastikan ditunda. Proyek yang ditargetkan Pemerintah Kota Palembang beroperasi di tahun 2023 belum memiliki penyokong dana utama atau investor.

Bahkan, proyek teknologi yang digadang-gadang mampu mengatasi permasalahan sampah di Palembang tersebut hingga kini belum ada perkembangan apapun terkait pembangunannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palembang, Akhmad Mustain mengatakan, pembangunan teknologi incinerator yang belum berjalan disebabkan karena biaya investasi yang meningkat akibat inflasi.

"Pembangunan insinerator murni dari investor, bukan anggaran dari Pemkot Palembang. Belum lagi nilai investasinya yang terus naik sejak 2018, sehingga pengerjaannya harus menunggu investasi masuk lagi," ujar Mustain, Senin (3/10/2022).

Diungkapkan Mustain, bahwa nilai investasi pembangunan teknologi incinerator pengurai sampah naik menjadi Rp2 triliun di 2022, dari sebelumnya Rp1,7 triliun pada 2018. Peningkatan nilai investasi tersebut karena dipengaruhi tingginya inflansi di daerah.

"Pembangunan incinerator ini murni investasi dari pihak ketiga Indo Green Power, dan Pemkot menggunakan jasa mereka untuk membakar sampah sebagai upaya menyelesaikan persoalan sampah," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: