HK Akan Lepas Ruas Tol Penghubung Sumsel - Lampung

Suparjo Ramalan ยท Jumat, 30 September 2022 - 15:56:00 WIB
HK Akan Lepas Ruas Tol Penghubung Sumsel - Lampung
Hutama Karya akan lepas sejumlah ruas jalan tol. (Foto: Dokumentasi Jasa Marga)

JAKARTA, iNews.id - Hutama Karya juga akan melepaskan atau mendivestasikan tiga ruas jalan tol kepada Indonesia Investment Authority (INA). Dua di antaranya ruas tol yang menghubungkan Sumsel - Lampung, yakni Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero), Budi Harto mengatakan, dari aksi ini anggaran yang dibidik sebesar Rp34 triliun yang akan digunakan untuk membiayai ruas tol lainnya yang sudah dibangun hingga membayar sebagian pinjaman atau utang perusahaan. 

"Pendapatan dari aset recycle ini akan digunakan untuk menurunkan pinjaman yang telah dilakukan Hutama Karya, dan untuk membiayai ruas-ruas yang sudah dibangun," di Kantor Kementerian BUMN, dikutip Jumat (30/9/2022)

Adapun tiga ruas tol yang akan didivestasikan adalah Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, dan Tol Medan-Binjai. Hutama Karya dan INA pun telah menyepakati pelepasan tot tersebut. 

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement (HoA). Budi memastikan proses pelepasan akan rampung pada akhir tahun ini. "Kami sudah dengan INA sepakat untuk tiga ruas (tol), sementara itu, Insya Allah akhir tahun deal dan kami terima revenue," ucapnya.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: