Menkes Ingatkan Sumsel soal Omicron, Pendatang Wajib Karantina

Dede Febriansyah ยท Rabu, 05 Januari 2022 - 17:32:00 WIB
Menkes Ingatkan Sumsel soal Omicron, Pendatang Wajib Karantina
Menteri Kesehatan Budi Gunadi meresmikan RSUP Dr Rivai Abdullah Palembang. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Kasus Covid-19 varian Omicron kian mengancam dan terdeteksi meningkat di Indonesia. Karena itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengingatkan Sumsel untuk meningkatkan upaya antisipasi. 

Menkes berada di Palembang dalam rangka meresmikan gedung pelayanan A RSUP Dr Rivai Abdullah di Palembang, Rabu (5/1/2022).

Budi mengatakan, saat ini jumlah masyarakat yang terdeteksi Omicron terus bertambah. Berdasarkan data, ada sebanyak 250 kasus yang telah ditemukan di Tanah Air.

"Jumlah kasus Omicron memang mengalami kenaikan. Hingga kemarin totalnya sudah diangka 250 kasus. Bahkan per hari kemarin saja ada penambahan 92 kasus," ujarnya.

Diakuinya, semua kasus Omicron yang terdeteksi masuk ke Indonesia ini lantaran adanya kedatangan dari luar negeri. "Semuanya berasal dari kedatangan dari luar negeri,” kata dia.

Budi menjelaskan, dengan terdeteksinya virus varian baru tersebut maka karantina terhadap pendatang dari luar negeri wajib dilakukan. Hal ini sebagai upaya agar virus tersebut tidak menyebar luas di Indonesia.

"Bagusnya terdeteksi langsung di karantina karena ini menjadi kunci agar mata rantai penyebaran Omicron ini bisa diputus," katanya.

Menurutnya, upaya dan langkah awal yang dilakukan pemerintah di Indonesia sudah lebih baik dari negara lain, sehingga Omicron yang sudah menyebar luas di seluruh negara dapat dicegah saat masuk di Indonesia.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: