Kejati Angkut Komputer dan Dokumen usai Geledah Dinas Pertanian Sumsel, Kasusnya Bukan Main-main

Dede Febriansyah · Selasa, 19 Juli 2022 - 16:02:00 WIB
Kejati Angkut Komputer dan Dokumen usai Geledah Dinas Pertanian Sumsel, Kasusnya Bukan Main-main
Penyidik Kejati Sumsel mengangkut komputer dan dokumen dari Kantor Dinas Pertanian Sumsel. (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Penyidik dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel membawa sejumlah dokumen dan komputer dari Kantor Dinas Pertanian Sumsel, Selasa (19/7/2022). Kejati Sumsel melakukan penggeledahan untuk mencari bukti dugaan korupsi dana optimasi lahan sawah pendukung kegiatan program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (SERASI) yang bersumber dari APBN 2019 di Kabupaten Banyuasin.

Kasi Penkum Kejati Sumsel, Mohammad Radyan mengatakan, diduga telah terjadi aksi tindak pidana korupsi yang mengakibatkan kerugian negara senilai ratusan miliar rupiah.

“Total dana yang dianggarkan Kementerian Pertanian untuk program Serasi ini mencapai Rp1,3 triliun. Namun yang terserap hanya Rp800 miliar lebih," ujar Radyan, Selasa (19/7/2022).

Program Serasi menggunakan APBN dari Kementerian Pertanian yang turun ke Dinas Pertanian Provinsi Sumsel, kemudian pelaksanaannya dilakukan Dinas Pertanian Banyuasin. "Sejauh ini sudah ada 60 saksi yang telah diperiksa, baik dari Dinas Pertanian Sumsel dan juga Kabupaten Banyuasin terkait kasus ini," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: