Bank Indonesia Komitmen Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sumsel

Dede Febriansyah · Sabtu, 16 Juli 2022 - 11:59:00 WIB
Bank Indonesia Komitmen Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sumsel
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja. (Foto: Dede F)

PALEMBANG, iNews.id - Bank Indonesia terus bersinergi membangun ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru. Salah satunya melalui sinergi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama dengan pemerintah daerah, perbankan, asosiasi dan pihak terkait lainnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja mengatakan, bahwa saat ini peran ekonomi dan keuangan syariah dalam mendorong perkembangan ekonomi di Sumsel menunjukkan perkembangan yang sangat baik.

Menurutnya, hal tersebut terlihat dari tiga hal yaitu peran perbankan syariah yang semakin meningkat dalam mengawal stabilitas sistem keuangan di Provinsi Sumsel. Kemudian semakin kuatnya pemberdayaan pesantren oleh berbagai pihak terkait, dan semakin banyaknya pelaku usaha syariah yang mampu menangkap peluang dan terus meningkatkan kapasitas melalui program Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA), serta fasilitasi sertifikasi halal UMKM.

"Pada Mei 2022, Dana Pihak Ketiga (DPK) bank syariah tercatat sebesar Rp8,81 triliun, atau tumbuh sebesar 7,09 persen (yoy). Sementara itu, pembiayaan perbankan syariah di Sumsel pada Mei 2022 tercatat sebesar Rp11,7 triliun, atau tumbuh sebesar 10,50 persen (yoy)," ujar Erwin dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan Syariah Sriwijaya Festival (Syafari) tahun 2022 yang dilaksanakan sejak tanggal 14 -16 Juli 2022 di Atrium Mall, Palembang Square, Sabtu (16/7/2022).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: