Gubernur Sumsel dari Masa ke Masa, Pemain Film Asmara Moerni hingga Dokter Kandungan

Berli Zulkanedy · Sabtu, 16 Juli 2022 - 13:13:00 WIB
Gubernur Sumsel dari Masa ke Masa, Pemain Film Asmara Moerni hingga Dokter Kandungan
Adenan Kapau (AK) Gani, Gubernur pertama Sumatera Selatan. (Foto: Istimewa)

PALEMBANG, iNews.id - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang memiliki luas daerah 87.017.41 km persegi juga dikenal sebagai Bumi Sriwijaya. Sejumlah bukti peninggalan kerajaan maritim tersebut ditemukan di beberapa tempat di sekitar Sungai Musi. 

Zaman tersebut telah berakhir, namun Provinsi Sumsel yang terdiri atas 17 kabupaten/kota dan berada di bagian selatan pulau Sumatera ini tetap berjaya dengan berbagai komoditas andalannya, perkebunan dan pertambangan. Sumsel merupakan provinsi penghasil karet, sawit, batu bara, minyak dan yang terbaru adalah geothermal.

Sumsel terus mengalami perubahan dan kemajuan. Setiap gubernur memiliki terobosan yang membawa provinsi ini terus bergerak maju. 

Gubernur yang memimpin Sumsel memiliki latar belakang beragam, mulai dari dokter, militer hingga pengusaha. Setiap gubernur memiliki gaya dan terobosan yang berbeda, mulai dari Gubernur Dr AK Gani hingga Herman Deru di tahun 2022. 

Berikut Gubernur Sumsel dari Masa ke Masa beserta sekilas tentang sejarahnya:

Dr AK Gani 1945-1946

Memiliki nama lengkap Adnan Kapau Gani, pria yang memperoleh kekuasaan politik dengan bertugas di kemiliteran usai masa proklamasi ini merupakan komisaris PNI dan Residen Sumatera Selatan. Wilayah kerjanya meliputi Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, dan Lampung.

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: