Herman Deru: Tol Kapal-Betung Membuka Koneksi Ekonomi Baru di Sumsel

Bambang Irawan ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 14:22 WIB
Herman Deru: Tol Kapal-Betung Membuka Koneksi Ekonomi Baru di Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan saat meninjau proyek pembangunan Jalan Tol Kapal-Betung Seksi 2 (Humas Pemprov Sumsel)

BANYUASIN, iNews.id – Pembangunan Jalan Tol Kayuagung–Palembang–Betung (Kapal Betung) diharapkan dapat membuka koneksi ekonomi baru di Provinsi Suamtera Selatan (Sumsel). Hal ini diungkapkan Gubernur Sumsel Herman Deru saat acara groundbreaking jalan tol sepanjang 111,69 kilometer.

Acara groundbreaking ini dihadiri oleh Menteri PUPR RI yang diwakili Dirjen Kementrian Bina Marga, Hedy Rahadian di Jalan Palembang-Betung KM 25 Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, Kamis (15/10/2020).

Groundbreaking ini sebagai pertanda dimulainyan pembangunan tol segmen Palembang-Betung yang berlanjut ke Seksi 2B dan Seksi 3 yang panjang ruas tolnya mencapai 69,19 km.

Pria yang kerap disapa HD ini mengatakan, keberadaan tol Kapal-Betung bukan sekadar untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di ruas jalan Lintas Timur Sumatera.

"Tol Kapal-Betung bukan hanya sekadar mengurangi kemacetan tetapi juga untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Selain itu untuk memperpendek jarak tempuh," kata HD.

Lebih lanjut HD mengatakan, tol ini diharapkan bisa selesai di tahun 2023 dan segera beroprasi dengan tepat waktu. Dia juga menyebut dalam pengerjaan tol Kapal-Betung setidaknya ada tiga jembatan. Jika dikalkulasikan bentang jembatannya akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

"Tol Kapal-Betung, melintasi tiga jembatan yakni Jembatan Ogan sepanjang 1.589 meter, Jembatan Keramasan sepanjang 1.217 meter, serta Jembatan Musi sepanjang 1.684 meter dan menjadi jembatan tol terpanjang di Indonesia," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto