Herman Deru: Tol Kapal-Betung Membuka Koneksi Ekonomi Baru di Sumsel

Bambang Irawan ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 14:22:00 WIB
Herman Deru: Tol Kapal-Betung Membuka Koneksi Ekonomi Baru di Sumsel
Gubernur Sumatera Selatan saat meninjau proyek pembangunan Jalan Tol Kapal-Betung Seksi 2 (Humas Pemprov Sumsel)

Selain pembangunan tol Kapal-Betung dirampungkan, dia juga berharap pembangunan ruas tol Palembang-Indralaya-Muara Enim-Lubuk Linggau-Bengkulu juga segera terselesaikan. Sehingga konektivitas antar wilayah di Sumsel serta antar provinsi di Sumatera segera terwujud.

"Proyek pembangunan tol trans Sumatera kita harapkan terus berlanjut, termasuk kelanjutan tol Lampung-Pekan Baru," imbuhnya.

Sementara itu Direktur Utama PT. Waskita Toll Road (WTR) Herwidiakto mengatakan, ruas jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung memiliki tiga seksi, yakni Seksi 1 yakni Kayu Agung–Jakabaring dengan panjangnya 33,5 kilometer telah beroperasi penuh pada 1 April.

Kemudian Seksi 2 Jakabaring–Keramasan–Musi Landas yang panjangnya mencapai 33,9 kilometer. Sedangkan untuk Seksi 2A Jakabaring–Keramasan dengan panjang 9 kilometer sedang dalam penyelesaian akhir kontruksi untuk segera beroperasi dalam waktu dekat. Seksi 2B dan Seksi 3 (Palembang-Betung) sepanjang 69,19 mkm ditargetkan dapat beroperasi pada Maret 2022.

Pembangunan ruas jalan tol Kapal-Berung dibangun dengan total investasi sebesar Rp22,17 triliun yang masuk dalam bagian Proyek Strategis Nasional Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang Pembangunan infrastruktur itu untuk meningkatkan daya saing Indonesia.

"Kehadiran tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah dan pemenuhan kebutuhan jalan tol. Khususnya tol trans Sumatera yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN)," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto