Herman Deru Optimistis Sumsel Segera Jadi Jawara Penghasil Pangan di Indonesia

Bambang Irawan ยท Selasa, 13 Oktober 2020 - 23:29:00 WIB
Herman Deru Optimistis Sumsel Segera Jadi Jawara Penghasil Pangan di Indonesia
Gubernur Sumsel Herman Deru (HD) panen raya padi sawah varietas mikongga bersama para petani di Desa Surabaya Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Selasa (12/10/20). (Foto: IST)

OKU SELATAN, iNews.id – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) panen raya padi sawah varietas mikongga bersama para petani di Desa Surabaya Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Selasa (12/10/20). Melihat hasil panen di kabupaten itu, HD optimistis Sumsel segera menjadi jawara penghasil pangan tingkat nasional.

Menurut HD yang didampingi Pjs Bupati OKU Selatan Nora Elisya, dia sempat kaget mengetahui produksi gabah kering panen (GKP) di OKU Selatan yang mencapai 9 ton per hektare (ha). Jika produksi itu merata di Sumsel, dia meyakini Sumsel segera menjadi juara satu penghasil pangan, khususnya beras di Indonesia.

“Karena pada angka rata-rata 6,5 ton per hektare saja bisa menjadikan Sumsel peringkat 5 penghasil pangan terbesar tingkat nasional. Apalagi kalau 9 ton itu bisa merata di Sumsel. Pasti kita bisa juara 1 se-Indonesia,” ujarnya.

Namun, kata HD, lahan subur dan alat modern tidak akan maksimal jika petani tidak semangat membajak sawah. Karena itu, dia selalu berupaya menyemangati petani dengan turun langsung ikut panen bersama petani di daerah-daerah.

Dia mencontohkan Singapura yang salah satu jagoan ekonomi di Asia dan terkena dampak Covid. Akibatnya, perekonomian mereka terkontraksi. Sementara Sumsel, meski terjadi kontraksi yang tidak besar, tetap menjadi yang tertinggi di Sumatera. Ia meyakini pertanian dan UMKM yang kuat berkontribusi menjaga perekonomian dari hantaman pandemi Covid-19.

“Petani kita masih semangat. Meski pandemi, mereka masih tetap beraktivitas. Makanya saya apresiasi sekali. Prestasi kita sebagai 5 besar penghasil pangan ini sudah sepantasnya kita persembahkan pada mereka para petani,” katanya.

Menurut HD, agar semangat petani terjaga dan produktivitas pangan ikut terdongkrak, kepala daerah harus ikut aktif membimbing petani secara terus-menerus. Pemprov pun tak tinggal diam karena tahun depan akan menyebar 1.000 tenaga pendamping pertanian ke daerah-daerah.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih ke petani OKU Selatan. Melihat pertanian yang luar biasa di sini, saya kembali ingin menegaskan bahwa ke depan ikon Sumsel bukan hanya perkebunan saja tapi juga pertanian,” katanya.


Editor : Maria Christina