Harga Sawit di Sumsel Kalah dengan Provinsi Tetangga, Ternyata Ini Pemicunya

Dede Febriansyah · Kamis, 11 Agustus 2022 - 08:52:00 WIB
Harga Sawit di Sumsel Kalah dengan Provinsi Tetangga, Ternyata Ini Pemicunya
Harga TBS sawit di Sumsel mulai merangkak naik namun masih kalah dengan Jambi. (Foto: Ilustrasi/Sindonews)

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Perkebunan (Disbun) Sumatera Selatan (Sumsel) menyebut jika harga Tandan Buah Segar (TBS) di Bumi Sriwijaya saat ini mulai merangkak naik. Namun demikian, harga TBS di Sumsel masih tertinggal dibanding provinsi tetangga seperti Jambi.

Analisis PSP Madya Disbun Sumsel, Rudi Aprian mengatakan, jika dibandingkan provinsi terdekat seperti Jambi, harga TBS sawit di Jambi telah menyentuh Rp2.000 per kilogram. Sedangkan untuk di Sumsel masih sekitar Rp1.860 per kilogram.

"Saat ini harga sawit di Sumsel naik Rp254,92 dibandingkan harga TBS umur 10-20 tahun periode II pada 21 Juli 2022," ujar Rudi, Rabu (10/8/2022).

Menurutnya, beberapa hal yang membedakan harga penetapan TBS di Sumsel dengan provinsi tetangga adalah skema penetapan harga TBS. Sumsel masih menggunakan skema pengumuman dua minggu sekali, sedangkan provinsi lain sudah seminggu sekali.

"Perbedaan penetapan harga setiap dua pekan sekali ini belum menunjukkan harga riil yang berlaku minggu tanggal berjalan, tapi merupakan rata-rata penjualan dua minggu sebelumnya," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: