Disnakertrans Sumsel Proses 9 Kasus Gaji di Bawah UMP

Antara · Rabu, 15 Juni 2022 - 17:28:00 WIB
Disnakertrans Sumsel Proses 9 Kasus Gaji di Bawah UMP
Disnakertrans Sumsel proses sembulan laporan di upah di bawah UMP. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumsel memproses secara hukum sembilan laporan dugaan perusahaan memberikan upah di bawah standar nilai upah minimum provinsi. Sembilan kasus tersebut dilaporkan serikat pekerja dalam beberapa bulan terakhir. 

Kepala Disnakertrans Sumsel Koimudin mengatakan, pada prosesnya semua perusahaan yang dilaporkan tersebut saat ini sudah naik di tingkat penyidikan aparat Polda Sumsel yang dalam waktu sepekan ke depan segera diumumkan penetapan status tersangka.

"Terkait dugaan pemberian kekurangan upah oleh perusahaan dalam pekan ini ke depan, sudah ada yang ditetapkan status tersangka oleh Polda Sumsel," ujarnya usai menemui massa demonstrasi kalangan buruh di Kantor Gubernur Sumsel terkait tuntutan kenaikan upah, Rabu (15/6/2022).

Tidak disebutkan lokus perusahaan dan bentuk pelanggaran yang dilaporkan terkait pemberian upah itu, tapi Koimudin memastikan, penyidik PPNS dan aparat kepolisian sudah memenuhi unsur pelanggaran hukum yang dilakukan perusahaan tersebut.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: