Cuaca Ekstrem Hantam Sumsel, Bagaimana dengan LRT?

Antara ยท Senin, 27 Desember 2021 - 18:34:00 WIB
Cuaca Ekstrem Hantam Sumsel, Bagaimana dengan LRT?
LRT Palembang dipastikan aman dari hujan disertai petir. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKAR Sumsel) memastikan moda transportasi light rail transit (LRT) aman dari gangguan cuaca buruk seperti hujan deras disertai petir. Sepekan terakhir, Palembang dilanda cuaca ektrem berupa hujan lebat disertai petir. 

Kepala BPKAR Sumsel Prih Galih mengatakan semua komponen sarana dan prasarana penunjang operasional LRT yang sebagian besar bertenaga listrik sudah didesain sedemikian rupa sehingga aman untuk digunakan. Sebagai contoh, penyaluran listrik untuk operasional LRT menggunakan rel ketiga (third rail) yang terpisah dari komponen trainset.

Kemudian saluran yang bertegangan daya listrik 750 VDC tersebut juga dibungkus rapat dengan alat pelindung sehingga aliran listrik tidak menyambar keluar dari jaringan.

"Masyarakat tidak perlu ragu. Apalagi semua jalur sepanjang 23,4 kilometer dengan 13 stasiun juga sudah dipasangkan penangkal petir sehingga kemungkinan sambaran petir bisa diantisipasi," ujarnya, Senin (27/12/2021).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: