67 Persen Wilayah Sumsel Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Antara ยท Kamis, 07 Juli 2022 - 09:00:00 WIB
67 Persen Wilayah Sumsel Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan
Sebagian besar wilayah Sumsel rawan karhutla. (Foto: Ilustrasi/Fitriadi)

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Kehutanan Sumatera Selatan mencatat hingga kini 67 persen wilayah Sumsel masuk kategori kerawanan tinggi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sumsel yang dikenal dengan Bumi Sriwijaya memiliki total luas mencapai 91.000 kilometer persegi.

Kepala Bidang Perlindungan Konservasi SDM Ekosistem Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan Safrul Yunardy mengatakan, salah satu penyebab utamanya karena Sumsel memiliki setidaknya 1 juta hektare areal gambut.

“Gambut sangat berbeda, jika terbakar maka sangat sulit dipadamkan. Itulah yang menyebabkan Sumsel masuk kategori provinsi rawan karhutla di Tanah Air,” katanya, Rabu (6/7/2022).

Mengamati kejadian karhutla dari 2015 hingga 2021 maka terdapat enam kabupaten di Sumsel yang selalu mengalami karhutla dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir menempati peringkat teratas. Hal itu merujuk pada luasan areal terbakar dan jumlah hotspot (titik panas).

Sementara empat kabupaten lainnya yakni Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Musi Rawas dan Muaraenim.

Kejadian karhutla di enam kabupaten/kota ini umumnya mulai terjadi di Mei lalu mengalami puncak pada Oktober. Atas dasar ini, Satgas Karhutla sudah disiagakan sebelum Mei sebagai langkah antisipasi dan mitigasi.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: