Waspada! Sumsel Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan 

Erwin Setiawan · Rabu, 25 Januari 2023 - 10:40:00 WIB
Waspada! Sumsel Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan 
BMKG prakirakan Sumsel berpotensi dilanda cuaca ekstrem yakni hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kenceng sepekan ke depan. (Foto: Erwin Setiawan)

PALEMBANG, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan potensi cuaca estrem hingga sepekan ke depan di Sumsel. Masyarakat diimbau untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang dapat disertai kilat dan pertir serta angin kencang. 

"Dinamika atmosfer yang terus kita monitoring untuk beberapa hari ke depan bahwa angin muson Asia masih aktif. Kemudian pola angin masih dalam bentuk belokan dan kovergensi yang mengakibatkan kelembaban wilayah di Sumsel sangat lembab. Jadi pertumbuhan awam hujan cukup intensif dan signifikan. Untuk beberapa hari ke depan memang diprakriakan curah hujan sering terjadi," ujar Kasi Observasi dan Informatika BMKG Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Sumsel, Veronina Sinta Andayani, Rabu (25/1/2023).

Masyarakat Sumsel diimbau perlu mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang bisa terjadi seperti hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. "Juga peru mewaspadai bisa timbul akibat dari hujan deras seperti banjir atau genangan, tanah longsor. Begitu juga angin kencang yang dapat merusak bangunan," katanya. 

Diprakirakan dalam sepekan ke depan, Sumsel akan mengalami curah hujan yang cukup tinggi, karena itu perlu mewaspadai bencana hidrometeorologi. Sumsel masih berada di musim hujan hingga April dan memasuki musim pancaroba pada Mei hingga Juni. 

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: