Pemkab Muba Minta Aparat Keamanan Awasi Lokasi Tambang Minyak Ilegal

Antara ยท Rabu, 23 November 2022 - 20:04:00 WIB
Pemkab Muba Minta Aparat Keamanan Awasi Lokasi Tambang Minyak Ilegal
Pj Bupati Musi Banyuasin Apriyadi mengecek sungai tercemar aliran minyak dari tambang minyak ilegal. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, meminta TNI/Polri mengawasi lokasi penambangan minyak ilegal di Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Keluang. Penambang ilegal yang sudah diperingatkan untuk berhenti ternyata kembali beraktivitas.

Penjabat Bupati Musi Banyuasin Apriyadi mengatakan sebenarnya kegiatan ilegal ini sudah berhenti pada 15 Oktober 2022 karena ada semburan api, namun oknum masyarakat kembali beraktivitas di lokasi tersebut.

“Kami minta ada pengamanan ekstra dari TNI/Polri agar tidak berulang,” ujarnya, Rabu (23/11/2022).

Aktivitas penambangan minyak ilegal ini, menurut dia, menyebabkan pencemaran lingkungan karena tampungan minyak hasil pengeboran ilegal tersebut telah merembes ke Sungai Parung dan Sungai Dawas.

"Para pekerja penambang minyak ilegal ini sudah diperingatkan dengan tegas untuk setop semua aktivitas di lokasi penambangan minyak. Rupanya masih saja beraktivitas, ditambah lagi mencemari sungai," katanya.

Demi mencegah luapan tampungan minyak ilegal ke sungai, kata dia, Pemkab Muba menutup penampungan minyak dan memberikan sekat kanal.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: