Masata Sumsel Dorong Pengembangan Desa Wisata

Antara ยท Selasa, 29 Juni 2021 - 17:41:00 WIB
 Masata Sumsel Dorong Pengembangan Desa Wisata
Sekretaris Masata Sumsel, Syarhan Syarofi (kanan) bersama Ketua PHRI Sumsel, Herlan Aspiudin. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pengurus Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Sumatera Selatan mendorong masyarakat dan kepala desa melakukan pengembangan desa wisata. Pengembangan desa dapat dilakukan dengan memanfaatkan potensi di desa.

"Pengembangan desa wisata memanfaatkan potensi alam, seni dan budaya lokal yang mulai banyak dilakukan di wilayah provinsi dengan 17 kabupaten/kota ini dapat menjadi magnet menarik wisatawan nusantara dan mancanegara," kata Sekretaris Masata Sumsel, Syarhan Syarofi, Selasa (29/6/2021).

Menurut dia, dengan pengembangan desa wisata diharapkan ke depan akan muncul banyak objek wisata baru yang bisa menjadi unggulan suatu daerah.

Sebagai gambaran sekarang ini ada desa wisata kampung warna-warni di Desa Burai, Kabupaten Ogan Ilir, yang lokasinya sekitar 40 Kilometer (km) dari Kota Palembang.

Kemudian Danau Shuji, di Desa Lembak, Kabupaten Muara Enim yang lokasinya sekitar 70 Kilometer (km) dari Kota Palembang.

Kemudian Kota Pagaralam yang lokasinya sekitar 300 km dari Palembang, dengan potensi perkebunan kopi dan teh, serta terdapat gunung Dempo, juga banyak mengembangkan desa wisata.

Desa wisata di daerah tersebut, sekarang ini menjadi destinasi wisata yang cukup diminati masyarakat Sumsel dan provinsi sekitar, bahkan dari beberapa daerah di Pulau Jawa.

"Untuk mengembangkan desa wisata lainnya, pihaknya berupaya mendorong kreativitas masyarakat desa serta membantu melakukan promosi agar dikenal masyarakat luas dan wisatawan serta mendapat perhatian pemerintah daerah dan pusat untuk menambah fasilitas pendukung dan membangun infrastruktur di kawasan objek wisata desa," ujar Syarhan.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2