Jembatan Rusak Diterjang Banjir, Akses Warga 2 Desa di OKU Selatan Terputus

Teddy Hendrawan · Rabu, 10 Agustus 2022 - 07:39:00 WIB
Jembatan Rusak Diterjang Banjir, Akses Warga 2 Desa di OKU Selatan Terputus
Jembatan gantung di OKU Selatan rusak diterjang banjir. (Foto: Teddy H)

OKU SELATAN, iNews.id - Banjir setelah hujan lebat membuat jembatan gantung penghubung dua desa di Kabupaten OKU Selatan, Sumsel rusak. Tiang jembatan terangkat yang membuat warga desa tidak berani lagi menggunakan jembatan tersebut. 

Jembatan gantung tersebut menghubungkan Desa Sukaraja II dengan Desa Gunung Terang, Kecamatan Muaradua. Kondisi ini berdampak terhadap aktivitas warga di dua desa tersebut, karena tidak bisa mengangkut hasil bumi.

Fondasi utama jembatan gantung tersebut rusak parah, usai digerus air hujan dan banjir. Akibatnya, tiang utama penyangga jembatan gantung miring dan nyaris ambruk. Jembatan gantung yang telah berusia puluhan tahun tersebut, kini kondisinya juga mulai lapuk dan memprihatinkan.

Jembatan gantung tersebut menjadi sarana utama bagi warga desa untuk kegiatan sehari-hari, baik perekonomian maupun pendidikan. 

Kepala Desa Sukaraja II Syarnubi mengatakan, peristiwa ambrolnya pondasi jembatan terjadi pada malam hari, sehingga tidak sampai ada korban jiwa. "Dampak kerusakan jembatan ini, 1.500-an warga kesulitan akses transportasi. Jembatan tersebut sudah tidak bisa dilintasi sama sekali, dan belum tahu sampai kapan bisa diperbaiki," kata Syarnubi, Selasa (9/8/2022). 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: