Polres Pagaralam Tangkap Pembobol ATM Asal OKU Selatan, Sebelumnya Beraksi di Lombok 

Dede Febriansyah · Kamis, 04 Agustus 2022 - 15:12:00 WIB
Polres Pagaralam Tangkap Pembobol ATM Asal OKU Selatan, Sebelumnya Beraksi di Lombok 
Polres Pagaralam tangkap pelaku pembobol ATM. (Foto: Dede F)

PAGARALAM, iNews.id - Satreksim Polres Pagaralam menangkap komplotan pembobol ATM lintas pulau asal OKU Selatan, Sumsel. Sebelum tertangkap saat bobol ATM di Pagaralam, Sumsel, pelaku bernama Jhonice Ari (27) beraksi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Jhonice Ari yang merupakan warga Desa Sukajadi Blambangan, Kecamatan Buay Runjung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, diamankan Polres Pagaralam setelah dipergoki warga hendak membobol mesin ATM di Kecamatan Dempo Tengah, Pagaralam. 

Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono mengatakan, saat kejadian pelaku tidak sendirian, namun bersama rekannya yang lain dan kini kabur (DPO). "Pelaku kepergok warga saat hendak membobol mesin ATM di gerai ATM SPBU Karang Dalo, Kecamatan Dempo Tengah, Pagaralam," ujar AKBP Arif, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan Kapolres, modus yang digunakan pelaku yakni dengan cara menggunakan lem dan potongan gergaji yang dimasukkan pelaku ke dalam mesin ATM.

"Ketika ada korban yang melakukan transaksi, maka otomatis kartu ATM yang sudah terlanjur masuk tidak bisa keluar," kata AKBP Arif.

Dikatakan Kapolres, ketika mendapati korban yang kartu ATM-nya tidak bisa keluar, pelaku bersama rekannya kemudian masuk dan berpura-pura membantu, sembari menghafal pin ATM korban. Agar tak dicurigai, pelaku merekomendasikan korban untuk melapor kejadian tersebut ke pihak bank.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: