Hotspot Meningkat, Polda Sumsel Mulai Waspada Karhutla

Antara ยท Sabtu, 19 Juni 2021 - 16:56:00 WIB
Hotspot Meningkat, Polda Sumsel Mulai Waspada Karhutla
Ilustrasi karhutla yang muncul di Sumsel. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Titik panas atau hotspot pemicu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumatera Selatan (Sumsel) terpantau meningkat. Polda Sumsel meningkatkan kewaspadaan dengan meningkatkan kesiapsiagaan personel di daerah rawan karhutla.

"Berdasarkan data hasil pantauan satelit Lapan peningkatan hotspot cukup tinggi mulai terjadi pada Maret 2021 yakni 49 titik, April 122 titik, dan Mei 134 titik, peningkatan titik panas itu perlu diwaspadai karena dapat memicu karhutla serta menyebabkan bencana kabut asap," kata Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Supriadi, Sabtu (19/6/2021).

Ia juga mengimbau masyarakat melakukan berbagai tindakan antisipasi terjadinya karhutla. Titik panas itu pada Juni 2021 hingga beberapa bulan ke depan diprediksi terus meningkat seiring dengan mulai berkurangnya hujan.

Peningkatan titik panas, katanya, perlu diwaspadai, terutama oleh masyarakat yang berada di 10 daerah yang dipetakan pada musim kemarau tahun ini rawan karhutla. Yakni Kota Palembang, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Muara Enim, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Lahat, Musirawas, dan Musirawas Utara.

Masyarakat yang berada di daerah rawan karhutla tersebut diimbau tidak melakukan pembakaran, baik untuk membersihkan atau membuka lahan baru, sesuai dengan maklumat kapolda, melakukan siaga karhutla dengan menyiapkan berbagai peralatan untuk memadamkan api, dan tindakan lainnya.

Pihaknya juga berupaya menyiagakan personel dan peralatan untuk membantu masyarakat mencegah terjadinya karhutla.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: