Dosen Unsri Kembangkan Pertanian Perkotaan di Palembang

Antara · Senin, 23 Mei 2022 - 16:01:00 WIB
Dosen Unsri Kembangkan Pertanian Perkotaan di Palembang
Dosen Unsri kembangkan pertanian perkotaan dengan tiga kegiatan. (Foto: Ist)

Kegiatan urban farming itu sekarang ini dikembangkan dengan cara tiga lapis atau kegiatan dalam satu tempat (3 in 1) yakni lahan yang ada kolam ikannya digunakan untuk budi daya ikan. Di atasnya dimanfaatkan untuk tanaman sayuran dan cabai dengan teknologi rakit apung dan kerangka rambat, sehingga bisa digunakan untuk budi daya tanaman sayuran seperti oyong dan buah-buahan seperti anggur dan melon yang pertumbuhannya merambat.

Melalui optimalisasi lahan pertanian perkotaan itu, diharapkan lahan yang luasnya terbatas tetap bisa menghasilkan bahan pangan secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat bahkan dapat dijual ke tetangga dan pasar sebagai usaha sampingan keluarga.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya mendorong semua pihak dan lapisan masyarakat melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan produksi pangan guna mewujudkan mandiri pangan.

"Untuk meningkatkan produksi pangan dengan melakukan intensifikasi, ekstensifikasi atau perluasan areal pertanian memanfaatkan lahan tidur atau yang tidak produktif, serta optimalisasi lahan," ujar Mawardi.

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: