Dosen Unsri Kembangkan Pertanian Perkotaan di Palembang

Antara ยท Senin, 23 Mei 2022 - 16:01:00 WIB
Dosen Unsri Kembangkan Pertanian Perkotaan di Palembang
Dosen Unsri kembangkan pertanian perkotaan dengan tiga kegiatan. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Dosen Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang mengembangkan pertanian perkotaan di Palembang. Melalui pola ini, diyakini dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dengan pola tiga kegiatan dalam satu petak lahan.

"Perkembangan pembangunan di Palembang mengakibatkan lahan untuk budidaya pertanian semakin terbatas, oleh karena itu perlu disiasati dengan pengembangan kegiatan optimalisasi lahan yang tersedia untuk pertanian perkotaan (urban farming)," kata Dosen Unsri Profesor Benyamin Lakitan, Senin (23/5/2022).

Pengembangan kegiatan optimalisasi lahan perkotaan terbatas untuk urban farming yang dilakukan sekarang ini dengan membuat beberapa kegiatan di satu petak lahan.

Awalnya lahan perkarangan rumah yang terbatas dimanfaatkan untuk budidaya ikan, aneka jenis tanaman sayuran dan obat-obatan.

Kemudian dilakukan pengembangan kegiatan dengan cara sebagian lahan yang ada kolam ikannya digunakan untuk budi daya ikan lele, nila, dan betok yang di atasnya juga dimanfaatkan untuk tanaman sayuran, obat-obatan herbal,  dan cabai dengan teknologi rakit apung memanfaatkan botol bekas dan bambu yang bisa dengan mudah ditemukan di kawasan permukiman.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: