Semakin Dekat Palembang, Belasan Sapi di 4 Daerah Terkangkit PMK

Antara ยท Jumat, 20 Mei 2022 - 06:52:00 WIB
Semakin Dekat Palembang, Belasan Sapi di 4 Daerah Terkangkit PMK
Sapi di sejumlah daerah di Sumsel terjangkit PMK. (Foto: Ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel menyebutkan sebanyak 16 sapi terdeteksi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Belasan sapi tersebut terdeteksi di empat daerah, salah satunya Ogan Ilir yang berbatasan dengan Kota Palembang.

Sebaran hewan ternak yang terjangkit PMK yakni Kota Lubuklinggau terdeteksi 10 ekor sapi, Kabupaten Musi Rawas empat ekor sapi, dan masing-masing satu ekor sapi di Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan, khusus di Kota Lubuklinggau, dari 10 ekor sapi yang terdeteksi terjangkit PMK, empat ekor di antaranya mati, lima ekor positif PMK dan dilakukan upaya potong paksa, serta satu ekor dalam kondisi masih sakit dan sudah diisolasi agar tidak menulari hewan ternak lainnya.

"Sedangkan, empat ekor sapi di Kabupaten Musi Rawas telah dilakukan upaya potong paksa, serta dua ekor di Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir (OKI) sedang diupayakan pengobatan dan isolasi agar tidak menulari hewan ternak lainnya," katanya, Kamis (19/5/2022).

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: