Dorong Kemandirian Pangan, Herman Deru Sosialisasikan GSMP hingga ke Desa-desa

Rizqa Leony Putri ยท Kamis, 29 September 2022 - 16:43:00 WIB
Dorong Kemandirian Pangan, Herman Deru Sosialisasikan GSMP hingga ke Desa-desa
Gubernur Sumsel Herman Deru menyosialisasikan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) melalui panen padi IP200 dan penanaman benih pepaya california. (Foto: dok Pemprov Sumsel)

OKU TIMUR, iNews.id - Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Herman Deru makin gencar mendorong warganya mewujudkan mandiri pangan di lingkungan keluarga. Selain dapat menekan inflasi, kemandirian pangan diyakininya dapat meningkatkan kesejahteraan. 

Atas dasar itu pula, Gubernur Herman Deru menyosialisasikan program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) hingga ke desa-desa. Salah satunya dengan melakukan panen padi IP200 dan menanam benih pepaya California saat kunker ke Desa Minanga Tengah, Kecamatan Semendawai Barat, Kabupaten OKU Timur, Rabu (28/9/2022).

Menurutnya, telah banyak bantuan peralatan pertanian yang diberikan Pemprov saat ini. Kini, pihaknya masih harus menambah bantuan infrastruktur, seperti irigasi yang dapat mengalirkan air ke sawah-sawah. 

Selain padi, Gubernur Herman Deru mengarahkan petani untuk tidak hanya berdokus menanam padi, tapi juga jagung, pepaya, cabai dan tanaman lainnya agar lebih beragam.

"Tadi saya panen padi IP200 dan ini membanggakan sekali. Jagung juga demikian, tapi ke depannya, budidaya ini harus diperluas lagi agar ada ciri khas-ciri khas. Ini saya minta dipetakan betul jangan sedikit-sedikit," tuturnya. 

Lebih jauh, Gubernur Herman Deru mengungkapkan bahwa saat ini ekonomi secara global sedang terganggu akibat perang Rusia-Ukraina.  Hal tersebut memicu tingkat inflasi yang mengalami kenaikan akibat harga-harga barang mengalami kenaikan.

Editor : Rizqa Leony Putri

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: