BPS Nilai 4 Desa di Kabupaten OKI Sumsel Cantik

Antara ยท Selasa, 21 Juni 2022 - 16:54:00 WIB
BPS Nilai 4 Desa di Kabupaten OKI Sumsel Cantik
Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan Zulkifli bersama Bupati OKI Iskandar. (Foto: Ist)

OKI, iNews.id - Sebanyak empat desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, terpilih menjadi pelopor Desa Cantik tingkat nasional Program Badan Pusat Statistik (BPS). Desa cantik atau cinta statistik merupakan program dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Kepala BPS Provinsi Sumatera Selatan Zulkifli mengatakan, empat desa yakni Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Makmur, Desa Pangarayan Kecamatan Tanjung Lubuk, Desa Kijang Ulu Kecamatan Sirah Pulau Padang dan Desa Kalideres Kecamatan Mesuji. “Empat desa ini terpilih menjadi perwakilan Sumsel di tingkat nasional,” katanya, Selasa (21/6/2022).

Ia menjelaskan pada tahun 2022 ini seluruh kabupaten dan kota diwajibkan memiliki desa atau kelurahan untuk dilakukan pembinaan Desa Cantik (Cinta Statistik)

Desa Cantik (Cinta Statistik) ini, kata dia, bertujuan meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan menjadi lebih tepat sasaran. Empat desa ini terpilih karena melalukan program pembangunan berbasis data, mulai dari perencanaan, evaluasi, dan kebijakan pembangunan.

Menurut dia Desa Cantik ini adalah upaya mengelola sumber daya dan mengidentifikasi kendala-kendala pembangunan di desa secara optimal dengan berlandaskan dengan statistik.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: