Melihat Rumah Restorative Justice di OKU Timur Sumsel, Tempat Bertemu Pelaku-Korban

Antara · Senin, 20 Juni 2022 - 07:21:00 WIB
Melihat Rumah Restorative Justice di OKU Timur Sumsel, Tempat Bertemu Pelaku-Korban
Peresmian rumah restirative justice di OKU Timur. (Foto: Ist)

OKU TIMUR, iNews.id - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur di Sumsel memiliki Rumah Restorative Justice di Kecamatan Buay Madang Timur. Rumah Restorative Justice Kejari OKU Timur ini tempat bertemu pelaku tindak pidana ringan dengan korban. 

Rumah ini diresmikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri OKU Timur, Akmal Kodrat, Minggu (19/6/2022). Rumah Restorative Justice tersebut sebagai wadah untuk penyelesaian perkara pidana ringan di luar pengadilan melalui musyawarah dan mufakat yang disepakati korban dan pelaku.

Selain itu, rumah tersebut juga sebagai sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum.

Perkara ringan yang bisa diselesaikan melalui penerapan keadilan restoratif tersebut yang kasus dengan ancaman hukuman di bawah 5 tahun penjara, yang diselesaikan melalui upaya mediasi hingga berakhir dengan perdamaian antara pelaku dan korban.

Ia menegaskan tidak semua perkara dapat diselesaikan melalui Rumah Restorative Justice kecuali dengan kriteria tertentu seperti pelaku dengan ancaman pidana yang bersifat ringan atau ancaman pidana tidak melebihi 5 tahun serta kerugian Rp2.500.000.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: