Belasan Tahun Bekerja, Guru SLB di Sumsel Hanya Terima Insentif Rp119.000 per Bulan

Berrie Brima ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 14:19:00 WIB
Belasan Tahun Bekerja, Guru SLB di Sumsel Hanya Terima Insentif Rp119.000 per Bulan
Suasana di salah satu SLB di Kabupaten Prabumulih, Sumsel, Rabu (28/10/2020). (Foto: iNews/Berrie Brima)

PRABUMULIH, iNews.id – Para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengeluhkan insentif yang di bawah standar Upah Minimum Provinsi (UMP). Padahal, banyak guru yang telah mengabdi hingga belasan tahun.

Ratusan guru SLB yang ada di Provinsi Sumsel meminta DPRD memperjuangkan nasib dan kesejahteraan para guru SLB yang jauh dari layak. Setiap bulan, mereka mengaku hanya menerima insentif sebesar Rp119.000 dan dibayar per enam bulan.

“Sekarang insentif Rp119.000 dibayar per enam bulan sekali,” kata guru SLB di Kabupaten Prabumulih, Eva Mayasari, Rabu (28/10/2020).

Selain jumlah insentif yang sangat jauh di bawah standar, ratusan guru SLB tersebut hingga saat ini hanya menerima surat keterangan (SK) bekerja dari kepala sekolah tempat mereka mengabdi. SK ini diperpanjang per dua tahun.

Ratusan guru yang tergabung dalam Guru SLB Sumsel berharap Dinas Pendidikan Pemprov Sumsel di tahun mendatang lebih memperhatikan nasib mereka. Salah satunya dengan menerbitkan surat keputusan kontrak secara resmi sebagai pengajar di SLB. Dengan begitu, mereka bisa diikutsertakan dalam program pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).


Editor : Maria Christina