6 Pesan Herman Deru ke Jemaah Haji Asal Sumsel, Nomor 5 terkait Wajah Teman

Dede Febriansyah · Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:21:00 WIB
6 Pesan Herman Deru ke Jemaah Haji Asal Sumsel, Nomor 5 terkait Wajah Teman
Gubernur Sumel Herman Deru bersama Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto melepas jemaah haji kloter pertama Embarkasi Palembang, Jumat (24/6/2022) malam. (Foto: Ist)

"Kemarin di berita ada jemaah yang tidak bisa melaksanakan (ibadah) karena tidak pakai sendal sehingga kakinya melepuh. Bagaimana dia mau tawaf kalau kakinya melepuh, jadi sandal itu gak perlu mewah yang penting harus berlapis ada alas kaki dan usahakan jangan yang ribet," pesannya.

Ketiga, jaga kerukunan. Tinggal di negara orang dalam waktu yang cukup lama dapat memantik emosi. "Dengan segala keterbatasan bukan tidak mungkin memantik emosi duluan. Suami-istri bisa timbul emosi," katanya.

Keempat, jemaah haji diingatkan tidak pamer dengan menunjukkan barang berlian atau barang bawaan. 

Kelima, upayakan mengingat wajah teman satu kelompok karena kalau hanya mengingat batik haji, banyak yang sama. Selain itu, ketika beribadah di Masjidil Haram atau pun di Masjid Nabawi untuk selalu mengingat pintu masuknya.

Keenam, ikuti aturan negara Arab Saudi dan jaga adat budaya Indonesia. Jemaah diminta jangan menyeragamkan budaya kedua negara. 

Hadir dalam pelapasan tersebut Kepala Kanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwandan dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto dan pejabat tinggi lainnya.

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: