6 Pesan Herman Deru ke Jemaah Haji Asal Sumsel, Nomor 5 terkait Wajah Teman

Dede Febriansyah · Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:21:00 WIB
6 Pesan Herman Deru ke Jemaah Haji Asal Sumsel, Nomor 5 terkait Wajah Teman
Gubernur Sumel Herman Deru bersama Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto melepas jemaah haji kloter pertama Embarkasi Palembang, Jumat (24/6/2022) malam. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Jemaah haji asal OKU Timur yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Palembang diberangkatkan ke tanah suci, Sabtu (25/6/2022) pagi. Sebelum diterbangkan ke tanah suci menggunakan pesawat Saudi Airline di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, ratusan jemaah ini dilepas oleh Gubernur Sumsel Herman Deru

Proses pelepasan digelar pada Jumat (24/6/2022) malam di Asrama Haji Palembang. Pada prosesi pelepasan jemaah asal Kabupaten OKU Timur, Gubernur Sumsel Herman Deru menyampaikan enam pesan penting agar jemaah dapat menunaikan rangkaian ibadah haji dengan baik dan dapat meraih haji mabrur. 

Pertama, jemaah haji diminta selaku mengikuti petugas dan pembimbing ibadah (Muthowif). "Haji itu ada rukun ada wajibnya tapi kadang-kadang kita lebih banyak menggunakan sunnahnya. Masih enak kalau rukun masih bisa dibayar denda (Dam), tapi kalau wajib haji kalau nggak terpenuhi bisa sama dengan darmawisata. Paling utama tunjuk siapa muthawifnya," kata mantan Bupati OKU Timur dua periode dalam pernyataan resmi dilansir Kanwil Kemenag Sumsel, Sabtu (25/6/2022).

Kedua, jemaah diminta jaga kesehatan, karena tidak ada gunanya bawa uang banyak kalau tiba di Tanah Suci tubuh tidak sehat. Salah satu kunci menjaga kesehatan di Arab Saudi adalah minum. Kalau masih dirasakan kurang ditambah oralit agar tidak terjadi dehidrasi karena suhu di Arab Saudi mencapai 49 derajat.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: