5 Tempat Ibadah di Palembang Sumsel, Ada Masjid Berarsitektur Unik

Cindy Febri Yanti ยท Senin, 11 Oktober 2021 - 08:34:00 WIB
5 Tempat Ibadah di Palembang Sumsel, Ada Masjid Berarsitektur Unik
5 tempat ibadah di Palembang Sumsel yang unik, salah staunya Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya. (Foto: Okezone)

3. Masjid Agung Sultan Badaruddin

Masjid selanjutnya terkenal sebagai masjid paling besar di Kota Palembang. Terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan 19 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang dan masuk daftar berikutnya masjid tertua di Kota Palembang. Masjid ini telah didirikan pada abad ke-18 oleh Sultan Mahmud Badaruddin. 

Masjid ini menjadi masjid regional ASEAN yang memiliki arsitektur unik dengan perpaduan gaya khas arsitektur Nusantara dengan pola struktur bangunan utama berundak tiga dengan puncaknya berbentuk limas.

4. GPIB Immanuel Palembang 

Gereja ini dikenal sebagai gereja tertua di Palembang Sumatera Selatan. Gereja ini terletak di kecamatan Tanjung Sakti PUMI Palembang. 

Gereja ini merupakan cikal-bakal keuskupan Agung Palembang dan dibangun pada tahun 1887 oleh seorang misionaris untuk menampung dan tempat baptis umat katolik di masa itu. Hingga saat ini Gereja Santo Mikael masih dipergunakan oleh umat Katolik di kecamatan Tanjung Sakti Palembang.

5. Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya

Masjid ini menjadi tempat tempat ibadah unik selanjutnya yang dibangun di tanah Palembang. Terletak di Jakabaring, Palembang, masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasehat, dan pengurus Persatuan Islam tionghoa Indonesia (PITI) Sumsel, dan serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang yang menjadikan masjid khas tionghoa yang telah dibangun.

Pembangunan masjid ini tidak terlepas dari keberadaan Laksamana Cheng Ho seorang kasim Muslim yang telah menjadi langkah awal penyebaran islam di Palembang. Masjid ini juga memiliki arsitektur unik perpaduan Arab dan China yang menjadi ciri khas untuk masjid ini.

Inilah 5 tempat ibadah di Palembang Sumsel. Bagaimanapun penyebaran berbagai agama di seluruh Indonesia telah membawa kita pada perubahan kehidupan yang menjadi kunci utama kita melakukan perubahan, pembangunan tempat ibadah yang sampai sekarang yang menjadi histori yang harus dilestarikan dan dijaga bersama. 

Editor : Rizal Bomantama

Bagikan Artikel: