5 Tempat Ibadah di Palembang Sumsel, Ada Masjid Berarsitektur Unik

Cindy Febri Yanti ยท Senin, 11 Oktober 2021 - 08:34:00 WIB
5 Tempat Ibadah di Palembang Sumsel, Ada Masjid Berarsitektur Unik
5 tempat ibadah di Palembang Sumsel yang unik, salah staunya Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya. (Foto: Okezone)

PALEMBANG, iNews.id – 5 tempat ibadah di Palembang Sumsel ini memiliki sejumlah keunikan. Mulai dari usia yang tua hingga arsitektunya yang unik. 

Di zaman sekarang tempat ibadah tidak hanya dijadikan tempat spiritual dan berdoa, tetapi dapat dijadikan sebuah wisata spiritual, referensi ketenangan, dan healing sebentar dari hiruk pikuk dunia. Mana saja 5 tempat ibadah di Palembang Sumsel yang patut dikunjungi? Berikut ulasannya:

1. Klenteng Dewi Kwan Im

Klenteng ini menjadi klenteng tertua yang ada di Palembang. Klenteng ini terletak di 9 Ulu tidak jauh Jembatan Ampera. 

Klenteng berdiri kokoh sejak 1773 pada masa Kesultanan Palembang Darussalam dan Kolonial Belanda. Dan kelenteng ini memiliki salah satu lokasi yang keramat di dalamnya. 

Klenteng ini memiliki tradisi untuk menghargai leluhur yakni melakukan pembersihan patung dewa atau disebut cuci rupang (para patung dewa). Klenteng ini selalu ramai dikunjungi setiap perayaan Konghucu di Palembang.

2. Masjid Lawang Kidul

Masjid ini menjadi salah satu masjid tertua yang ada di Palembang. Didirikan pada tahun 1890 memiliki histori masa penjajahan di mana bangunan rumah ibadah ini menjadi saksi serta peran penting pusat penyebaran Islam di Palembang. 

Selain itu, masjid ini dahulu dijadikan markas pejuang setempat pada masa itu. Masjid ini memiliki bangunan khas tradisional yang masih bangunan asli dan belum diganti sama sekali. 

Ciri khas masjid ini yaitu histori yang ada di dalamnya serta arsitekturnya yang unik bertumpang dua tingkat.

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: