4 Kabupaten di Sumsel Siaga Karhutla, Ini Daftarnya

Dede Febriansyah ยท Kamis, 09 Juni 2022 - 10:16:00 WIB
 4 Kabupaten di Sumsel Siaga Karhutla, Ini Daftarnya
Empat daerah di Sumsel siaga Karhutla. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Sebanyak empat daerah di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah ditetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan meskipun hujan masih turun, tidak menurunkan potensi terjadi karhutla. 

"Penetapan ini untuk mempercepat koordinasi agar penanganan kebakaran dapat ditangani lebih cepat," ujar Kepala Pelaksana BPBD Sumsel, Iriansyah, Kamis (9/6/2022).

Keempat daerah yang telah ditetapkan siaga darurat karhutla itu yakni Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Ogan Komering Ilir (OKI), dan Banyuasin.

"Secara keseluruhan ada 12 daerah rawan mengalami kebakaran lahan di Sumsel. Tapi delapan daerah segera ditetapkan status siaga darurat bencana," kata dia.

Menurut Iriansyah, jumlah titik panas di Sumsel masih tergolong terkendali karena masih di bawah 10 titik panas per hari. "Kita turunkan personel, menyiapkan sarana dan prasarana, serta mensosialisasi dan edukasi kepada masyarakat," katanya.

Dikatakan juga, berbagai upaya untuk mengatasi karhutla sudah sering dilakukan mulai dari mitigasi atau pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), pelatihan kepada personel, hingga pembentukan satgas.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: