31 Burung Dilindungi yang Ditinggalkan di Jalintim Mati, Polda Sumsel Kejar Pelaku

Antara ยท Kamis, 30 September 2021 - 14:07:00 WIB
31 Burung Dilindungi yang Ditinggalkan di Jalintim Mati, Polda Sumsel Kejar Pelaku
Puluhan burung yang ditemukan dalam mobil yang ditinggalkan pelaku penyelundupan di Palembang mati. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Balai Koservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan menemukan 31 dari 118 satwa liar dilindungi barang bukti tindak pidana perdagangan ilegal tujuan Thailand dalam kondisi mati. Ratusan satwa dilindungi ini ditemukan dari mobil yang ditinggalkan pelaku di Jalan Soekarno Hatta Palembang. 

"Mayoritas yang mati adalah jenis burung karena tidak bisa bertahan hidup dalam kurungan kerangkeng yang padat menempuh perjalanan darat yang cukup panjang," ujar Kepala BKSDA Sumatera Selatan, Ujang Wisnubarata, Kamis (30/9/2021). 

Satwa-satwa liar itu hasil tangkapan bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Selatan setelah menggeledah mobil bus merek Hiace dengan nomor polisi B 7084 TDB yang terparkir di Jalan Bypass Soekarno-Hatta, Palembang Rabu (29/9).

Dalam mobil ditemukan 118 satwa liar yang terdiri atas enam kakatua raja, tujuh kakatua jambul oranye, 11 nuri kepala hitam, dua burung mambruk alias pergam mahkota. Kemudian 22 burung nuri mazda, 17 nuri hitam, 22 nuri bayan, 20 kadal panama, 20 soa payung, tujuh sugar glider, enam bajing, satu albino, serta dua garangan dua.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: