Polisi menangkap seorang perempuan Palembang dalam kasus dugaan penipuan. (Foto: Dede F)
Dede Febriansyah

PALEMBANG, iNews.id - Heny Krisniawati (31) warga Perumahan Casandra Blok H7, Kecamatan Jakabaring, Palembang ditangkap Satreskrim Polrestabes Palembang karena kasus penipuan yang dilakukannya. Perempuan ini menawarkan proyek di Dinas PUPR Kabupaten OKI yang diduga fiktif ke kontraktor.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, Kompol Tri Wahyudi mengatakan, pelaku melakukan penipuan terhadap korban, Alberto Einstein Dendi (39), dengan modus menawarkan proyek normalisasi sungai pada Dinas PUPR Kabupaten OKI yang berlokasi di Desa Gajah Mati.

"Dari hasil penipuan yang dilakukannya, pelaku berhasil meraup keuntungan dari korban sebesar Rp100 juta," ujar Kompol Tri Wahyudi, Kamis (4/8/2022). 

Dijelaskan Kompol Tri Wahyudi, bahwa penangkapan terhadap pelaku dilakukan atas laporan korban di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Palembang.

"Dari keterangan pelaku, aksi penipuan terjadi di rumahnya, Minggu (14/11/2021) lali, sekitar pukul 17.00 WIB. Saat itu korban telah mentransferkan uang Rp100 juta kepada pelaku," katanya.

Dijelaskan Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, uang tersebut diserahkan korban ke pelaku karena tergiur janji pelaku akan menyerahkan proyek normalisasi sungai pada Dinas PUPR, Kabupaten OKI yang berada di Desa Gajah Mati, Kabupaten OKI. 

"Korban mengaku ke anggota kita telah menunggu selama tiga bulan tapi tidak ada kejelasan, sehingga korban pun mencari tahu tentang kebenaran proyek tersebut akan tetapi proyek yang dijanjikan tidak ada atau fiktif, lalu korban membuat laporan kepolisian," katanya. 

Dari laporan penangkapan tersebut, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu buah rekening koran bank BCA dan satu lembar surat dinas PUPR Kayuagung. "Atas ulahnya tersebut, pelaku terancam dijerat Pasal 378 dengan ancaman pidana 4 tahun penjara," katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT