Jatanras Polda Sumsel menangkap tiga komplotan pembobol ATM asal Lampung. (Foto: Dede F)
Dede Febriansyah

PALEMBANG, iNews.id - Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel menangkap tiga anggota komplotan pembobol ATM lintas provinsi. Ketiga pelaku ditangkap di sebuah penginapan dan apartemen di kawasan Ciputat Jakarta Selatan, Senin (1/8/2022) malam.

Kanit I Jatanras Polda Sumsel, Kompol Willy Oscar mengatakan, ketiga tersangka yakni Imron (46), Maryadi (32), dan Arwansyah (32) masing-masing warga Kabupaten Tanggamus, Lampung.

"Dalam menjalankan aksinya, ketiga pelaku sudah mempersiapkan alat khusus yang terbuat dari besi dan juga memiliki peranan masing-masing. Maryadi mencongkel mesin ATM, sedangkan dua rekannya mengamati lokasi sekitar," ujarnya, Selasa (2/8/2022).

Saat dilakukan penangkapan, lanjut Kompol Willy, pihaknya memberikan tindakan tegas dan terukur kepada ketiga tersangka karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

"Saat ini ketiga tersangka telah diamankan di Jatanras Polda Sumsel. Kami juga mengamankan beberapa barang bukti di antaranya satu jepitan dari besi. Sekarang kasus ini masih kami dalami," katanya.

Sementara itu, tersangka Maryadi mengaku melakukan aksi di wilayah Jakarta dan Sumsel. "Kami mainnya memang di wilayah Sumsel sama Jakarta," katanya.

Dalam sekali beraksi, kata Maryadi, komplotan tersebut bisa menarik maksimal 25 lembar uang dengan total lebih dari 20 gerai ATM. "Kalau di Sumsel, biasanya kami bergeraknya di gerai ATM BSB. Soalnya lebih mudah dijebol," katanya.

Akibat perbuatannya, para tersangka kini dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara di atas tujuh tahun.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT