Kamera ETLE juga akan dipasang di Jalintim Palembang-Jambi wilayah Musi Banyuasin. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Dede Febriansyah

MUBA, iNews.id - Jalan lintas timur (Jalintim) ruas Palembang - Jambi di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumsel akan dipasangi kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Kemera pengawas dipasang di sejumlah titik untuk menekan tindakan kriminal dan pelanggaran lalu lintas.

Kanit Turjawali Satlantas Polres Muba, Aipda Suyanto mengatakan, sistem tilang elektronik atau e-tilang akan diberlakukan baik di dalam kota atau kabupaten termasuk jalan lintas. 

"Rencananya, kamera perangkat Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) juga akan dipasang di Jalan Lintas Timur (Jalintim) tahun depan," ujar Suyanto, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, Jalintim ruas Palembang-Jambi akan dipasang tiga titik perangkat ETLE. Semua kamera pengawas berada di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Diungkapkan Suyanto, saat ini kamera pengawas ETLE sudah terpasang satu unit di dalam Kota Sekayu dan telah berjalan dengan baik. Rencananya ke depan kembali dipasang tiga unit kamera ETLE di Jalintim Palembang-Jambi.

"Lokasi kamera di antaranya berada di pintu masuk Muba, yakni di Babat Supat dan Bayung Lencir. Sedangkan satu lagi masih belum dipastikan, namun tidak menutup kemungkinan di Pasar Sungai Lilin," ujarnya.

Suyanto menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan sosialisasi di tiga kecamatan tersebut dengan dihadiri langsung Kades dan seluruh perangkat desa maupun kelurahan. 

"Tujuan kita tidak lain agar masyarakat bisa paham mengenai apa itu tilang elektronik dan bagaimana mekanismenya, serta apa saja pelanggaran yang bakal ditindak beserta sanksinya," katanya.

Dengan adanya kamera ETLE tersebut, lanjut Suyanto, pihaknya berharap tilang elektronik ini bisa menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas di Jalintim, dan pengguna jalan raya tidak akan berani lagi memacu kendaraan di luar aturan. "Kita ingin masyarakat agar lebih tertib dalam berlalu lintas, selain untuk meminimalisir lakalantas juga menekan tindak kriminal," katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT